Bupati Karo Terkelin Brahmana bersama staf khusus Menteri BUMN Arya Mahendra Sinulingga, Direktur Utama Badan Otorita Danau Toba Arie Prasetyo, Ketua TP PKK Kabupaten Karo, Ny Sariati Terkelin Brahmana. (Foto/karosatuklik.com)

Kabanjahe, karosatuklik.com – Bank Tabungan Negara (BTN) Cabang Pematang Siantar bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Karo dalam mendukung protokol kesehatan memutus mata rantai penularan dan penyebaran Covid-19 di lokasi objek pariwisata, dibutuhkan infrastruktur publik sesuai protokol kesehatan.

Merespon itu, Bank BTN Cabang Pematang Siantar menunjukkan empatinya dengan menyerahkan wastafel untuk mengendalikan dan menekan penyebaran Covid-19, di lokasi wisata termasuk di Puncak Sipiso-piso yang merupakan destinasi wisata kebanggaan Kabupaten Karo itu.

BTN Cabang Siantar diwakili oleh  Hadeli dan Hari Purnomo, saat menyumbangkan wastafel sebanyak 20 buah dan masker kain 2000 pcs yang diterima langsung Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH, Sabtu (22/08/2020) di destinasi wisata Puncak Sipiso piso Tongging.

Turut hadir, staf khusus Menteri BUMN Arya Mahendra Sinulingga, Direktur Utama Badan Otorita Danau Toba Arie Prasetyo dan Ketua TP PKK Kabupaten Karo, Ny Sariati Terkelin Brahmana.

Selain memakai masker, rajin mencuci tangan merupakan poin penting protokol kesehatan yang sangat dianjurkan WHO untuk mencegah Virus Corona. Dibanding menggunakan hand sanitizer, cuci tangan lebih efektif untuk mematikan kuman dan virus, papar Hadeli sembari mengaku bantuan dari Bank BTN itu berkat dorongan dari staf khusus BUMN Ir Arya Mahendra Sinulingga.

“Selain itu, tujuan kegiatan ini supaya objek wisata Kabupaten Karo tetap bergeliat, pengunjung tetap aman, nyaman dan terbebas dari Covid-19, tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan dengan disiplin. Kunjungan tamu lokal dan manca negara tetap berjalan sehingga ekonomi rakyat pun cepat pulih,” ungkap Hadeli.

Sementara Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH mengatakan, wastafel portabel bantuan dari Bank BTN Cabang Pematang Siantar itu sangat bermanfaat bagi wisatawan membantu menjaga kebersihan tangan. “Sehingga dapat mencegah penyebaran virus Corona, kata Bupati.

“Menerapkan pola hidup bersih dan sehat dengan cara rajin mencuci tangan dengan baik dan benar pada air mengalir sebelum dan sesudah berinteraksi,” ajak Terkelin Brahmana.

Namun Bupati Karo mengingatkan, agar wisatawan menggunakan fasilitas pencegahan Covid-19 seperti wastafel dan memakai masker serta menjaga jarak. Wastafel ini juga sekaligus sebagai pesan kepada pengunjung agar menjaga kebersihan, mencegah penularan virus corona, tuturnya sembari mengapresiasi dan berterimakasih kepada Pimpinan Bank BTN Cabang Pematang Siantar maupun Arya Mahendra Sinulingga.

Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriono, Sik dan Dandim 0205 /TK Letkol Kav Yuli Eko Hardianto juga mengapresiasi kepedulian Bank BTN Cabang Siantar, semoga BUMN dan swasta maupun pengusaha-pengusaha lainnya bisa tergugah hatinnya untuk saling berbagi dan membantu, katanya.

Namun Kapolres mengingatkan, akan percuma wastafel itu kalau tidak digunakan pengunjung. Penyediaan wastafel sebagai tempat mencuci tangan dilengkapi sabun cair dan tisu, serta papan informasi yang sekaligus mengedukasi masyarakat tata cara membersihkan tangan, harus dirawat pengelola, diperhatikan air nya selalu tersedia termasuk sabun dan tisunya, harapnya. (R1)

Sumber: https://karosatuklik.com