Kabanjahe, 12/01/22

Bupati Karo Cory S Sebayang, meresmikan Jembatan Lau Tir Desa Gunung, Kecamatan Tigabinanga. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Bappeda Ir. Nasib Sianturi, M.Si , Kepala PUPR Edward Pontianus Sinulingga, ST, Kepala Dinas Kominfo Karo Jhonson Tarigan, Camat Tigabinanga Membela Tarigan, SH, Forkopimcam, Tokoh Masyarakat Irjen (Purn) Sadar Sebayang, Hery Sebayang, Perdana Sebayang, Timur Sebayang, dan masyarakat Desa Gunung, Desa Kem-Kem dan Desa Lau Kapur serta Tokoh Agama. Rabu (12/01/22).

Pada kesempatan ini Bupati Karo Cory S Sebayang meminta kepada masyarakat agar menjaga dan merawat jembatan ini, jembatan ini sangat penting sebagai sarana jalur transportasi hasil pertanian. Sebelumnya ongkos transportasi cukup tinggi untuk mengangkut hasil pertanian, dengan adanya jembatan ini diharapkan ongkos pengangkutan menjadi lebih murah. 

Dengan peresmian jembatan ini akses Desa Gunung, Desa Kem-Kem dan Desa Lau Kapur bisa saling terkoneksi dengan cepat dan lancar. Peresmian Jembatan Lau Tir ini ditandai dengan pemotongan pita oleh Bupati Karo Cory S Sebayang. Banyak warga dari Desa Gunung, Desa Kem-Kem dan Desa Lau Kapur menyambut antusias peresmian Jembatan Lau Tir yang diimpikan oleh masyarakat desa tersebut.

Jembatan tersebut menelan anggaran sebesar Rp. 2.371.207.000,- dengan panjang jembatan 24 meter dan lebar 4,5 meter Tahun Anggaran 2021 dan dikerjakan oleh CV. Karya Citra Nuansa/ Ir. Abdullah Pinem. 

Dalam sambutannya Bupati Karo Cory S Sebayang mengatakan bahwa pembangunan Jembatan Lau Tir ini merupakan langkah Pemerintah membangun keselamatan sosial bagi masyarakat diluar kebutuhan ekonomi. Ketiga desa tersebut bisa saling melakukan kolaborasi di sektor ekonomi dan sosial sehingga pertumbuhan dan percepatan ekonomi bisa terhubung dengan cepat khususnya di bidang pertanian. 

“Saya berharap dengan adanya jembatan ini bisa memperkuat konektivitas antar Desa Gunung, Desa Kem-Kem dan Desa Lau Kapur, memperlancar arus transportasi antar desa, mengefesienkan biaya logistik dan mendorong pertumbuhan di desa tersebut,” ungkap Bupati Karo.

Bupati Karo Cory S Sebayang juga berharap kepada masyarakat untuk pembangunan lanjutan akses jalan ke Desa Pergendangen lebih kurang 3 km agar membebaskan lahan pertaniannya untuk pembangunan jalan 8 meter.

Peresmian ini diakhiri dengan sesi foto bersama.

Sumber : Dinas Kominfo Kab. Karo