Kabanjahe, 11/01/22

Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting bersama Kepala Bappeda Kabupaten Karo Ir. Nasib Sianturi, M.Si, Kepala Dinas Pertanian Ir. Metehsa Karo-Karo, Kepala Dinas PUPR Edward Pontianus Sinulingga, ST, Kepala Kantor Satpol PP Hendrik Tarigan serta perwakilan dari Kapolsek dan Danramil Lau Baleng melanjutkan kunjungan kerja dan meninjau langsung kawasan pengembalaan ternak Nodi yang berada di Desa Mbal-Mbal Petarum Kecamatan Lau Baleng. Selasa (11/01/22).

 “Lahan yang sering disebut Mbal-Mbal Nodi ini memiliki luas 682 hektar, namun sebagian besar sudah dialih fungsikan menjadi lahan pertanian. Kedepanya Pemkab Karo akan mengembalikan ke fungsi awal peruntukan lahan ini untuk pengembalaan ternak, sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Karo Nomor 03 Tahun 2021 tentang Penyediaan dan Pengelolaan Kawasaan Pengembalaan Umum, dimana semua masyarakat akan memiliki hak yang sama untuk pemgembalaan ternak di lahan pemgembalaan Nodi ini dengan mengikuti peraturan yang ada,” ungkap Kepala Dinas Pertanian Kab.Karo.

“Kita sudah mempersiapkan SOP untuk peruntukan peternakan di kawasan Nodi ini, dimana Perda yg sudah dikeluarkan pada tahun 2021 akan kita tindaklanjuti secara konsisten,” lanjut Wakil Bupati Karo.