Kabanjahe, 8/12/21

Menindaklanjuti Peraturan Bupati Karo No. 52 Tahun 2016 tentang Penanganan Pengaduan Online Masyarakat (e-Lapor) terhadap Pelayanan Publik di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Karo pasal 9 Ayat 1 disebutkan bahwa pada setiap perangkat daerah dibentuk pejabat penghubung penerima pengaduan yang bertanggung jawab kepada pimpinan Perangkat Daerah yang bersangkutan, maka diadakan rapat koordinasi sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik nasional yang dihadiri oleh Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kabupaten Karo, Mulianta Tarigan, S.Sos, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karo, Markus Malau, SPt, M.Si, Kepala Bidang Sumber Daya Komunikasi Publik, Riana Herawati Br Karo, SE,M.A.P dan para pejabat penghubung pada Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Karo serta Pejabat Penghubung di Kecamatan Kabupaten Karo. Acara ini dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Karo. Rabu (08/12).

Pada kesempatan ini Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kabupaten Karo, Mulianta Tarigan, S.Sos menyampaikan bahwa harus ada semangat kerjasama dan berharap apa yang disampaikan masyarakat terhadap keluh kesah dapat direspon dengan baik dan semaksimal mungkin. Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kabupaten Karo, Mulianta Tarigan, S.Sos juga berharap “supaya e-Lapor ini dilaksanakan secara kolaboratif dan berkesinambungan dan jika ada perubahan penggantian Pejabat Penghubung di OPD agar segera disampaikan kepada Admin, sehingga laporan pengaduan tetap dapat ditindaklanjuti sebagaimana mestinya sesuai dengan Peraturan Bupati dan Surat Keputusan Bupati Karo yang telah dibuat”, ungkap Pak Mulianta Tarigan.

Ruang lingkup penanganan pengaduan masyarakat online (e-Lapor) adalah penanganan pengaduan terhadap pelayanan publik melalui website pengaduan. Penyampaian pengaduan oleh masyarakat kepada penyelenggara pelayanan pengaduan online melalui sarana pengaduan akan ditampilkan di website pengaduan untuk ditindaklanjuti oleh Perangkat Daerah sesuai dengan Standar Oprasional Prosedur (SOP). 

Rapat ini diakhiri dengan sesi foto bersama dan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak dan menggunakan handssanitizer.