Kabanjahe, 22/11/21

Bupati Karo Cory S Sebayang hadir dalam acara penyerahan hadiah Lomba Desa Terbersih Tingkat Kabupaten Tahun 2021 dan sekaligus penyerahan secara simbolis Bantuan Pembangunan Usaha Bumdes Tahun Anggaran 2021. Acara ini dihadiri juga oleh Asisten I Kab.Karo, Caprilus Barus, S.Sos, Kepala Dinas Pemberdaya Masyarakat dan Desa, Abel Tarwai Tarigan, S.Sos, Ketua TP.PKK Kabupaten Karo, Ny. Vera Rika Theopilus Ginting dan masing-masing Kepala Desa serta Camat yang terpilih menjadi pemenang Lomba Desa Terbersih Tingkat Kabupaten Tahun 2021 dan acara ini dihadiri juga oleh Camat, Kepala Desa serta Direktur BUMDES penerima Bantuan Pengembangan Usaha Bumdes Tahun Anggaran 2021. Pelaksanaan ini berlangsung di Aula Kantor Bupati Karo. Senin (22/11).

Berdasarkan indikator-indikator penilaian yang telah disepakati oleh Tim Penilai dan berdasarkan rapat yang dilaksanakan pada tanggal 25 Oktober 2021, Tim Penilai telah menetapkan masing-masing desa yang terpilih menjadi pemenang lomba desa bersih sebagai berikut:

1. Desa Kutagaluh Kec. Tiganderket (Juara I)

2. Desa Sukameriah Kec. Payung (Juara II)

3. Desa Ujung Teran Kec. Merdeka (Juara III)

4. Desa Buluh Pancur Kec. Lau Baleng (Juara Harapan I)

5. Desa Lau Simomo Kec. Kabanjahe (Juara Harapan II)

6. Desa Sempajaya Kec. Berastagi (Juara Harapan III) 

Dan pada kesempatan ini juga, sesuai dengan Program Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (KEMENDES PDTT) Republik Indonesia, melalui Ditjen Pembanguan Ekonomi dan Investasi Desa, bahwa dalam upaya mendorong Bumdes semakin berperan dalam peningkatan kualitas perekonomian masyarakat desa, maka pihak KEMENDES PDTT, meluncurkan program pemberian bantuan permodalan kepada masing-masing Bumdes yang memenuhi persyaratan dalam bentuk penyertaan modal di Kabupaten terpilih. Bantuan Bumdes ini merupakan aspirasi Bob Andika Mamana Sitepu yang merupakan Anggota DPR RI Komisi V Fraksi PDI Perjuangan. Berdasarkan hasil verifikasi tim Kementerian tersebut, serta nominasi usulan dari pemerintah Kabupaten Karo maka ditetapkan 5 (lima) Bumdes yang dianggap layak untuk menerima bantuan, yaitu:

1. Bumdes Barker Utama Desa Barung Kersap Kecamatan Munte

2. Bumdes Lau Bahing Simalem Desa Bintang Meriah Kecamatan Kutabuluh

3. Bumdes Jumpa Rejeki Desa Ujung Sampun Kecamatan Dolat Rakyat

4. Bumdes Deleng Kutu Simalem Desa Guru Singa Kecamatan Berastagi

5. Bumdes Enteguh Desa Simacem Kecamatan Namanteran

Penyerahan hadiah Lomba Desa Terbersih tahun 2021 dan sekaligus penyerahan secara simbolis Bantuan Pembangunan Ussaha Bumdes Tahun Anggaran 2021 diserahkan langsung oleh Bupati Karo Cory S Sebayang kepada masing-masing Kepala Desa dan Camat yang terpilih sebagai pemenang dan penerima bantuan pembangunan usaha Bumdes.  

Bupati Karo berharap agar semakin banyak desa-desa yang lebih mandiri dalam membangun dan mengelola semua potensi sumber daya yang ada di desanya. Supaya terciptanya masyarakat Karo yang sejahtera sesuai dengan harapan dan cita-cita pembangunan Kabupaten Karo.

Sumber : Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Karo