Kabanjahe, Selasa (16/11/21)
Berdasarkan seleksi assessment gerakan menuju SMART CITY, Kabupaten Karo terpilih sebagai salah satu daerah yang menerapkan Implementasi Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) yang didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Dalam Penyusunan Pembukaan Bimbingan Teknis yang dilaksanakan selama 4 tahap yang di mulai pada bulan Agustus 2021 maka pada hari ini memasuki Finalisasi Penyusunan Masterplan Kota Cerdas (Smart City) dan Quick Win Program Unggulan Kabupaten Karo berakhir pada hari ini Selasa (16/11) dimana penutupan pelaksanaan ini berlangsung di Aula Kantor Bupati Karo.
Penutupan Pelaksanaan Bimbingan Teknis Dalam Penyusunan Rencana Induk (Masterplan) Kota Cerdas (Smart City) Kabupaten Karo dihadiri oleh Kepala Dinas Kominfo Karo Drs. Jhonson Tarigan sekaligus mewakili Bupati Karo dalam menyampaikan kata penutup kegiatan Bimbingan Teknis ini. Dalam pelaksanaan kegiatan ini juga dihadiri oleh Muhammad Fahru Rozi selaku Suubkoordinator Teknologi dan Infrastruktur Direktorat Layanan Aplikasi Informatika, Kementerian Kominfo Republik Indonesia, Shita Laksmi, S.Kom, MA, selaku Tenaga Ahli, Muhammad Fatahillah, S.IP.,M.Si, Imam Prakoso sebagai moderator sekaligus sebagai pengisi materi dari Perwakilan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia serta dihadiri secara tatap muka oleh masing-masing Kepala OPD.
”Saya berharap program Smart City ini dapat menjadi solusi bagi berbagai permasalahan di Kabupaten Karo. Sehingga, dengan implementasi Smart City ini pemerintah dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik sekaligus meningkatkan kualitas hidup masyarakat” ungkap Kepala Dinas Kominfo Karo.
Dalam isi pidato Bupati yang diwakilkan dan disampaikan oleh Kepala Dinas Kominfo Karo Drs. Jhonson Tarigan berharap kegiatan ini menghasilkan Masterplan Smart City yang baik dan nantinya implemantasi ini berdampak positif dan dapat dirasakan oleh semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat. Bupati Karo juga mengajak seluruh perangkat daerah untuk bersinergi, bekerjasama dan berkomitmen agar seluruh rancana dalam masterplan smart city Kabupaten Karo Tahun 2022-2026 dapat diwujudkan.
Usai memberikan kata penutupan oleh Kepala Dinas Kominfo Karo Drs. Jhonson Tarigan, kegiatan ini dilanjutkan dengan penandatanganan Komitmen Bersama Menuju Karo Smart City oleh masing-masing Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Karo.
Acara tersebut diakhiri dengan foto bersama dan dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat dengan menjaga jarak, memakai masker, mengukur suhu dan memakai hand sanitizer.


Sumber: Dinas Kominfo Kab. Karo