Kabanjahe, Karosatuklik.com – Jelang peresmian terminal type B Kabanjahe oleh Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH didampingi Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sumatera Utara, Ir Abdul Haris Lubis, Msi, dan Kadishub Kabupaten Karo, Gelora Fajar Purba, SH, MH tinjau Terminal Type Jalan Veteran Kabanjahe, Rabu siang (10/2/2021).

Menurut Bupati Karo, terminal type B Kabanjahe, di bangun di atas lahan 6.450 meter persegi berbiaya Rp 18,664 miliar dari APBD Sumatera Utara TA 2020, terminal ini menggantikan terminal sebelumnya yang kondisinya tidak layak lagi. “Sebab seiring kemajuan zaman, penambahan volume transportasi darat bertumbuh pesat,” kata Terkelin Brahmana saat kunjungan lapangan ke Terminal Type B Kabanjahe.

Ia mengatakan Terminal Kabanjahe dibangun dengan mengusung konsep modern, yang dilengkapi berbagai fasilitas pendukung bagi calon penumpang yang akan berangkat atau yang tiba dari luar. Mengapa harus modern?, adalah juga untuk mendukung Kabupaten Karo sebagai daerah tujuan wisata.

Adapun Terminal Kabanjahe itu, sebut Terkelin Brahmana didampingi Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sumatera Utara, Ir Abdul Haris Lubis, Ms, adalah akan menjadi terminal tipe B modern pertama di Sumut, bahkan di Pulau Sumatera, katanya.

Disebut modern, kata Terkelin Brahmana, karena desain dan konstruksinya (materialnya), kelengkapannya seperti tiketing, ruang tunggu penumpang, parkir bus, ada juga sarana untuk disabilitas, ada ruang baca, ruang kantin dari merek branded, ruang pamer kerajinan dan produk lokal.

Toilet Sekelas Hotel Berbintang

Kemudian fasilitas bermain anak, ruang laktasik (menyusui), perkantoran, musala, dan ruang informasi wisata dan parkir yang tersistem serta pengamanan yang berstandar, toilet bagus dan nyaman layaknya toilet hotel berbintang serta ada taman yang ditanami aneka buah khas Kabupaten Karo.

Selain itu manajemen yang terintegrasi dan lain-lain. Nantinya juga akan disediakan fasilitas layar televisi untuk berbagi informasi, sebut Bupati Karo.

Mengubah Mindset

Ia menyebutkan konsep modern yang diusung di terminal itu sekaligus untuk mengubah mindset bahwa terminal itu kotor, kasar, keras, kumuh, tak nyaman dan sebagainnya. “Dan karena itu, kita berupaya menjadikan Terminal Kabanjahe sedemikian rupa agar bisa dijadikan lokasi rekreasi bagi pengunjung,” ujarnya.

“Karena ini juga untuk kita bisa bersantai, bagian atapnya sengaja dibuat transparan, sehingga penumpang bisa memandang langit. Apalagi malam hari kan, orang bisa datang kemari untuk wisata kuliner,” kata Bupati yang juga menyebutkan terminal itu dilengkapi dengan sarana air bersih dan genset setelah melihat semua fasilitas terminal.

Diharapkan agar masyarakat menjaga segala fasilitas yang ada, ikuti aturan terminal dari UPT Dishub Sumatera Utara di Terminal Kabanjahe, hal yang sama diharapkan kepada supir, karyawan dan pengelola bus AKDP agar tertib dan mematuhi segala aturan yang telah dibuat demi kenyamanan bersama, serta tetap mematuhi protokol kesehatan baik saat menunggu penumpang maupun saat di perjalanan, ajak Terkelin Brahmana.

Sumut Bermartabat

Senada disebutkan Kadis Perhubungan Sumut, Abdul Haris Lubis, pembangunan terminal modern Kabanjahe itu merupakan salah satu wujud visi Sumut yang Bermartabat di bawah kepemimpinan Gubenur Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur Musa Rajekshah.

Penumpang adalah Raja

“Terminal ini menjadi pilot project kita untuk menghadirkan layanan transportasi yang modern dan nyaman bagi masyarakat.

Masyarakat penumpang adalah tamu terhormat, raja bahkan ya, yang memang selayaknya harus dilayani dengan baik. Kita wujudkan itu di sana, kita manjakan penumpang, sesuai arahan pak gubernur dan wakil gubernur,” jelas Haris.

Menyinggung persiapan peresmian, Abdul Haris Lubis, mengapresiasi Bupati Karo Bapak Terkelin Brahmana, sangat peduli dan respek menyukseskan acara peresmian. Setelah tadi audiensi dengan Bapak Bupati Karo dan dilanjutkan kunjungan lapangan ke terminal, sepulang dari Kabanjahe,

“Saya akan melaporkan kepada Bapak Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, bahwa Pemkab Karo sudah menyiapkan segala sesuatunya dalam peresmian terminal type B Kabanjahe yang telah di jadwalkan Selasa (16/2/2021) depan,” ungkapnya. (R1)

Sumber : https://karosatuklik.com