KARO | kliksumut.com – Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH menegaskan mendukung sepenuhnya Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kab. Karo, Farida Ariani Br Pelawi, SPd, MM. Hal ini diungkapkan Terkelin Brahmana,SH, MH di dampingi Kakesbang Tetap Ginting, saat menerima audensi pengurus PMI Kab.karo periode 2020 – 2025, Kamis (28/1) diruang kerja Bupati.

Terkelin menjelaskan tidak ada alasan Pemkab Karo tidak mendukung penuh setiap program dan kegiatan PMI Kab Karo kedepannya. “Ini perlu diketahui setiap orang bahwa Palang Merah Indonesia merupakan organisasi yang sah dan sudah menunjukkan eksestensinya membantu pemerintah mulai tingkat pusat hingga daerah,” tegas Terkelin.

“Untuk itu, Jangan pernah takut mengemban amanah yang dipercayakan, semua pasti ada kekurangan, namun di kesempurnaan itu tercapai ada niat dan kemauan belajar dari apa yang kita lalui sehingga kegigihan akan menghasilkan keberhasilan,” tandasnya.

Lebih jauh dikatakan Bupati, tugas PMI sangat berat, dikaitkan denga Kondisi letak geografis Karo yang rawan bencana seperti erupsi Gunung Sinabung, tanah longsor, puting beliung, kebakaran dan gempa. “Perlu kesiapsiagaan kita semua dalam menghadapi bencana termasuk PMI,” katanya.

“Kendati demikian PMI Kab. Karo harus bisa hadir dalam berbagai kesempatan.agar eksistensi PMI itu berperan untuk masyarakat, Karo,” ucapnya.

Sementara Ketua PMI Karo Farida Ariani Beru Pelawi, SPd, MM meyampaikan rasa teriamakasih, kepada Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH dengan menyatakan komitmennya dalam mendukung Palang Merah Indonesia Kabupaten Karo.

“Secara jujur, saya sangat kagum dengan sikap bapak Bupati ini, dimana tidak pernah membeda bedakan, setiap yang bersilaturahmi selalu diberi suport dan dukungan,” jelasnya.

“Reaksi ini, meyakinkan saya bahwa apa yang selama ini isu berkembang dikalangan internal PMI propinsi bahwa Bupati Karo tidak mendukung kegiatan dan program PMI kab. Karo, hanya retorika semata. Bukti nyata Dia eksis mendukung program PMI kab. Karo kedepan, sikap ini ditunjukkan PMI kab. Karo diarahkan membuat program kerangka acuan kegiatan agar dianggarkan di APDB Karo dengan berkolobrasi dengan dinas SKPD Terkait sepanjang ada tupoksi PMI,” katanya.

Sekedar diketahui, lanjut Farida Ada tiga program utama PMI, Pertama, membantu pemerintah dalam penanggulangan bencana, kedua, menghimpun dan memproses darah, ketiga, melakukan sosialisasi terkait kesehatan dan sosial lainnya. Sebutnya

“Orientasi ini PMI Kabupaten Karo siap membantu dan bekerjasama dengan BPBD yang menangani bencana dan instansi terkait lainnya. Hal itu guna membangun kemitraan dalam rangka bersama-sama membantu penanggulangan bencana di daerah,” imbuhnya. (Her)


Sumber: https://kliksumut.com