Kabanjahe, Karosatuklik.com – Bupati Karo Terkelin Brahmana SH, MH tinjau jalan lingkar (ring road) Desa Rumah Kabanjahe longsor dan amblas sedalam sekitar 12 meter.

Turut hadir mendampingi Bupati, Kepala Bappeda Nasib Siantur, Kadis PUPR Eduward Pontianus Sinulingga, Kabid Bina Marga Hendra Mitcon Purba, Kepala Desa Rumka Apul Brahmana, Kamis (14/1/2021) pukul 14.00 WIB.

Bupati Terkelin Brahmana menyebutkan, longsor itu akibat hujan deras belakangan ini. Sesuai penuturan Kepala Desa Apul Brahmana, longsor di jalan lingkar Desa Rumah Kabanjahe sudah tiga pekan yang lalu akibat faktor curah hujan yang tinggi sehingga jalan ini terkikis dan terjadi longsor, ungkapnya.

Curah hujan yang tinggi, daerah-daerah rawan longsor harus diwaspadai. Kita harus sigap dan segera ambil sikap dan tangani langsung, agar tidak memakan korban saat ada pengguna jalan yang lewat. “Ini perlu perhatian bagi OPD terkait untuk langkah kedepan segera tampung anggaran perbaikannya dan sesuai kondisi keadaan gestur kemiringan jalan, tekhis PUPR yang lebih tahu,” sebutnya.

Namun demikian Terkelin Brahmana meminta Kepala Desa Rumah Kabanjahe (Rumka) agar mengingatkan warganya untuk sementara lewat jalan ini, harus hati hati, sebab jalan ini yang terdekat dengan warga Rumka, sedangkan bagi orang lain melewati jalur ini juga perhatikan keselamatan. “Dinas PUPR agar segera membuat tanda dan rambu bahwa jalan ini longsor, rawan kecelakaan,” kata Bupati.

Kepala Dinas PUPR Eduward Pontianus Sinulingga mengaku akan memperbaiki jalan yang longsor sesuai instruksi Bupati Karo. Sebenarnya longsor itu sudah ditinjau pihaknya sebelumnya. Jika tidak salah, sekitar bulan Maret 2021 pengerjaan perbaikan sudah kita mulai, tuturnya.

Secepatnya, karena masalah anggaran juga sudah kita tampung di APBD TA 2021 dengan harga perkiraan sementara (HPS) dalam pengerjaan pemasangan bronjong atau tembok pembatas penahanan dengan panjang 15 meter dengan kedalaman lebih kurang 12 meter, ujar Edu. (R1)

Sumber: https://karosatuklik.com