Kabanjahe, Karosatuklik.com – Bupati Karo Terkelin Brahmana SH, MH apresiasi kolaborasi Dinas PUPR dan Dinas Perhubungan Kabupaten Karo dalam pemasangan portal guna pembatasan truck-truck berbadan besar yang bermuatan yang tinggi lewat jalan kabupaten.

Sebagaimana diketahui Jalan Kapten Selamat Ketaren Kabanjahe adalah jalan kabupaten yang sering dilintasi truck berbadan besar yang seharusnya melintas di jalan nasional.

Apresiasi ini disampaikan, pada saat menyaksikan pemasangan portal yang dipantau langsung oleh Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH didampingi Kepala Dinas PUPR Eduward Pontianus Sinulingga, Kepala Dinas Perhubungan Gelora Fajar Purba, SH, MH dan Kabid Bina Marga Hendra Mitcon Purba, Rabu ( 13/1/2021) Pukul 11.00 WIB.

Dilapangan, Terkelin Brahmana menilai langkah yang dilakukan oleh OPD teknis tersebut sudah sangat tepat dan benar. Untuk menyelamatkan jalan kabupaten cepat rusak.

Alasannya, menurut Terkelin Brahmana, Jalan Kapten Selamat Ketaren sering dilintasi truck-truck fuso, truck gandeng dengan muatan yang tinggi, dampaknya arus lalu lintas macat. Selain itu jalan cepat rusak karena muatan tonase seharusnya melintasi jalan nasional.

“Untuk itu, Dishub segera buatkan rambu rambu isyarat bahwa jalan ini telah dipasang portal, agar para pengusaha mengingatkan supir agar tidak melewati jalan Kapten Selamat Ketaren lagi,” pesan Bupati.

Sementara kadis PUPR Eduward Pontianus Sinulingga membenarkan portal ini dipasang sebagai antisipasi pembatasan kendaraan yang lewat dengan ketinggian 3 meter tidak bisa lewat, kata Edu.

“Pemasangan ini, buntut dari seringnya kendaraan truck-truck besar lewat dengan muatan tonase yang tinggi, padahal jalan ini sebenarnya bukan jalan khusus untuk truck besar maupun truck gandengan,” ungkapnya.

Selain antisipasi itu, pemasangan portal ini untuk mengendalikan agar jalan Kapten Selamat Ketaren ini akan menjadi lebih tertib baik segi arus lalu lintas dan segi aspek daya tahan jalan, sebutnya.

Ditambahkan Edu, Portal ini dipasang dengan ketinggian 3.10 meter dan panjang 6 meter (sebatas lebar jalan). Portal ini dengan sistem buka, tidak pasang mati, sehingga dibutuhkan keadaan tertentu dapat dibuka kembali sesuai kebutuhan, jelas Edu.

Disamping itu portal ini dilengkapi dengan led lampu ambulans warna merah mirip sebagai warning agar portal tersebut terlihat saat ketika pada malam hari. Sehingga tidak membahayakan pengemudi, dari jauh pun langsung kelihatan, tuturnya.

Senada dikatakan Kepala Dinas Perhubungan Gelora Fajar Purba. “Dengan adanya portal ini, pihaknya lebih gampang memantau kendaraan dan truck-truck besar yang melintas di Jalan Kapten Selamat Ketaren,” sebutnya.

“Sebab selama ini masih banyak luput dari pantauan pihaknya. Hal ini lantaran truck bermuatan besar saat lewat dengan muatan tonase yang berat beraktifitas pada malam hari,” katanya.

Dengan adanya portal ini, Gelora Fajar Purba menghimbau agar kendaraan truck besar dan muatan yang tinggi diatas 3 meter, segera ikuti jalur yang telah direkayasa sebelumnya, melalui Jalan Kapten Pala Bangun, lurus ke Bundaran Moga Jaya masuk Jalur Meriam Ginting – Bundaran Adipura Simpang Enam – Jalan Letjen Jamin Ginting – Berastagi.

Demikian juga sebaliknya dari arah Medan – Jalan Mariam Ginting – Jalan Lingkar (Ring Road), katanya. (R1)

Sumber : https://karosatuklik.com