Kabanjahe, Bersama News Tv

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Karo menggelar sosialisasi pendidikan pemilih kepada persatuan guru honorer dan guru swasta sekaligus menggali informasi dan masukan guna menyukseskan pemilihan bupati/wakil bupati Karo tahun 2020.

“Tujuan kegiatan ini untuk mengedukasi masyarakat khususnya guru honorer dan swasta dalam menggali informasi sebagai stakeholder pendidikan. Materi ini akan dijadikan refrensi dalam penyusunan pertanyaan dalam debat ke 2 Paslon bupati dan wakil bupati Karo,” ujar Anggota KPUD Karo, Dewi Apriani Susanti Ginting, kepada wartawan di Kabanjahe, Rabu (18/11/2020).

Menurut Dewi, pihaknya juga memaparkan mekanisme dan tata cara Pilkada mulai dari awal sampai akhir kepada para peserta yang hadir, sehingga sosialisasi tersebut dapat dipahami dan dimengerti sesuai yang diharapkan.

Sementara itu Kadis Pendidikan, DR Eddi Surianta Surbakti melalui Sekretaris, Irwan Ganti Tarigan, mengharapkan KPUD Karo senantiasa memperhatikan kesehatan petugas KPPS di setiap TPS selama masa pandemi Covid-19.

Sedangkan Ketua Guru Honorer Karo, Hariaty Tarigan, mengajak para tenaga pendidik honorer dan swasta menggunakan hak pilihnya sesuai hati nurani.

“Suara kita sangat menentukan masa depan Kabupaten Karo lima tahun ke depan. Jadi, gunakanlah hak pilih anda sesuai hati nurani. Jangan mau dipaksa atau diintervensi pihak manapun,” ujar Hariaty sembari meminta Pemkab Karo tetap memperhatikan kesejahteraan guru honorer dan swasta sebagai ujung tombak pendidikan dalam menempa generasi yang baru.

Dalam kesempatan yang sama, Sekjen Forum Pemuda Peduli Pendidikan Karo (FPPPK ), Elpis Brahmana, SPd, sangat mengapresiasi kepedulian dan dukungan KPUD Karo atas terselenggaranya acara sosialisasi tersebut.

“Penyusunan materi yang didapat ini akan disajikan dalam debat Paslon berikutnya, sehingga bisa berjalan lebih baik serta bisa menjadi alasan masyarakat menentukan sikap dalam menilai calon pemimpin Karo ke depan,” pungkasnya. (***)

Sumber: https://bersamanewstv.com