Kabanjahe, Bersama News Tv

Masyarakat Bumi Turang Tanah Karo Simalem patut berbangga hati dan memberikan apresiasi kepada pemerintah daerahnya.

Bayangkan saja, dalam dua tahun 2019-2020, Pemkab Karo, Sumatera Utara, menerima 23 mobil ambulance bantuan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. Luar biasaa..!!

Hal itu diungkapkan Kadis Kesehatan Karo, drg Irna Safrina Meliala, kepada wartawan di Kabanjahe saat menyaksikan penyerahan enam unit mobil ambulance oleh Bupati Karo, Terkelin Brahmana, SH, MH, kepada Puskesmas di halaman kantor bupati, Rabu (07/10/2020).

“Penyerahan mobil ambulance ini untuk pelayanan medis di Puskesmas yang tersebar di 17 kecamatan. Sebelumnya di tahun 2019, kita juga ada menerima 17 unit mobil ambulance dari Kemenkes RI,” ungkap Irna.

Menurut Irna, dengan adanya bantuan ambulance tersebut, pihaknya telah memenuhi amanat Permenkes No 43/2019 bahwa setiap Puskesmas memiliki satu ambulance dan satu Pusling.

Irna mengakui ada beberapa Puskesmas yang mendapat 2 ambulance mengingat beberapa faktor dan kondisi wilayah.

“Ke enam ambulance ini akan diterima Puskesmas Juhar 1 unit, Kutabuluh 1 unit, Merdeka 2 unit, Munthe 1 unit dan Lau baleng 1 unit.

Sementara itu, bupati Karo saat menyerahkan enam unit ambulance kepada kepala Puskesmas, berpesan agar mobil tersebut dijaga dan dirawat.

“Jangan digunakan untuk kepentingan pribadi, melainkan untuk menunjang tugas dan kemanusiaan,” tandas bupati seraya melakukan uji coba salah satu mobil ambulance tersebut. (ALS)

Sumber: https://bersamanewstv.com