Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH, tinjau penimbunan jalan Barusjahe - Serdang yang amblas. Karosatuklik.com/Robert Tarigan

Barusjahe, Karosatuklik.com – Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH, tinjau jalan Barusjahe – Serdang yang amblas, akibat beberapa hari belakangan hujan deras di sejumlah lokasi di daerah itu.

Dalam peninjauan itu, Bupati Karo Terkelin Brahmana turut didampingi Kepala Bappeda Nasib Sianturi, Kepala Dinas PUPR Edward Pontianus Sinulingga, Kabid Bina Marga, Hendra Mitcon Purba, Camat Barusjahe Kalisum Sitepu dan Kepala Desa Barusjahe Muliadi Barus, Kamis (1/10/200) pukul 14.00 WIB di Barusjahe.

Menurut Bupati Karo, dalam dua pekan terakhir, amblas itu sudah ditimbun oleh dinas terkait, namun karena beberapa hari belakangan hujan deras, amblas kembali terjadi. “Nah, saya ingin pastikan penanganannya sekaligus kroscek lapangan,” kata Terkelin Brahmana.

Dikatakan, setiap ada kesulitan yang dihadapi masyarakat, OPD tekhnis harus peka dan tanggap, apalagi menyangkut akses jalan sebagai jalur transporatasi penghubung antar desa, antar kabupaten dan propinsi, harus segera ditangani. “Mengingat jalan itu urat nadi perekonomian sentra pertanian warga pedesaan,” ujarnya.

Syukurlah, masyarakat setempat turut melibatkan diri bergotong royong membantu petugas  Dinas PUPR menimbun jalan amblas itu dengan tanah. Inisiatif ini patut kita apresiasi dengan kerja-kerja konkret.



Jalan Barusjahe – Serdang yang amblas sebelum ditimbun. Karosatuklik.com/Robert Tarigan

Namun untuk memastikan timbunan itu supaya layak dilintasi, ada baiknya kepada Dinas PUPR secara tekhnis yang lebih memahami layak tidaknya. “Bila perlu lebih diperpadat lagi dengan menggunakan mesin gilas, supaya jalan lebih kuat lagi,” tandas Terkelin Brahmana.

Sementara Kadis PUPR Edward Pontianus Sinulingga membenarkan jalan ini amblas akibat faktor hujan lebat dan alam. “Padahal dibadan  jalan Barusjahe – Serdang sudah ada pemasangan bronjong dengan kekuatan 17 jaring ditahun lalu,” sebutnya.

“Kerusakan jalan itu diketahui setelah Bupati menginformasikan, kemarin Rabu (30/9/2020). Setelah mendapat instruksi dari Bupati,  kita langsung kerahkan dumtruk   mengangkat tanah  timbun. Hari ini sudah selesai dikerjakan semuanya,” terang Edward.

Menyikapi, Camat Barusjahe Kalsium Sitepu menyampaikan apresiasinya. Kepedulian Bupati Karo dalam merespon jalan amblas tersebut, sehingga sudah ditangani dengan baik sangat membantu warganya, ini pesan masyarakat kepada saya, katanya.

Senada, Kepala Desa Barusjahe Muliadi Barus, mengucapakan terimakasih kepada Bupati Karo dan Dinas PUPR atas cepatnya respon perbaikan kerusakan jalan desanya yang amblas itu.

Dia juga berharap supaya jalan lama sepanjang 2,5 km dan lebar 5 meter,  yang sudah sempat terabaikan selama ini dapat dipelihara kembali. “Karena bila sewaktu-waktu nanti terjadi kembali amblas atau longsor, maka jalan lama dapat digunakan kembali sebagai jalur transpotasi pertanian sekaligus jalur alternatif,” tutur Muliadi Barus. (R1)

Sumber: https://karosatuklik.com