Kabanjahe, Bersama News Tv

Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH mengingatkan para Paslon Bupati/Wakil Bupati Karo agar penandatanganan fakta integritas dan deklarasi kampanye damai yang sudah ditandatangani jangan hanya sekadar slogan. Tapi harus diwujudnyatakan melalui perilaku, terutama komunikasi politik di ruang-ruang publik.

“Kelima Paslon peserta Pilkada Karo 2020, hendaknya membangun narasi-narasi yang menyejukkan, argumentasi logis, memberi edukasi serta menawarkan program kepada rakyat. Mari hindari hal-hal yang berpotensi menimbulkan gesekan sosial di akar rumput,” tegas bupati Karo.

Penegasan itu diungkapkan Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH saat menghadiri rapat pleno terbuka pengundian nomor urut Paslon Bupati/Wakil Bupati Karo sekaligus penandatanganan deklarasi kampanye damai dan pakta integritas Paslon peserta Pilkada di aula Hotel Sinabung Internasional Berastagi, Kamis (24/9/2020).

Bupati Karo juga mengingatkan, penyelenggaraan Pilkada di tengah pandemi Covid-19 saat ini, tentu menjadikan faktor keselamatan dan kesehatan masyarakat menjadi paling penting yang harus diutamakan dalam perhelatan demokrasi tersebut.

Untuk itu, Bupati Karo berharap kepada seluruh pemangku kepentingan untuk tetap mengutamakan disiplin protokol kesehatan pada setiap tahapan Pilkada 2020.

Syarat utama suksesnya Pilkada damai ini, sambung Terkelin, seluruh komponen masyarakat harus memiliki komitmen moral dan moralitas yang sama dalam menciptakan suasana damai dalam Pilkada.

Sebelumnya, Ketua KPU Kabupaten Karo Gemar Tarigan ST mengatakan, deklarasi yang diselenggarakan 5 Paslon ini sebagai upaya untuk mewujudkan Pilkada damai, aman dan sejuk dalam merebut hati rakyat.

“Pasangan calon harus bisa menampilkan adu gagasan, adu ide, bukan adu hoak. Sebab kita semua masih ada ikatan hubungan kekeluargaan sesuai semangat kearifan lokal Merga Silima,” ujar Gemar Tarigan. (ALS)

Sumber: https://bersamanewstv.com