TANAH KARO – Sosialisasi Promosi dan Diseminasi Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkum HAM RI), Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH pukul gong, pertanda sosialisasi dibuka secara resmi, Kamis (03/09/2020) di Hotel Four Point By Sheraton Medan.

Dikesempatan itu Terkelin mengatakan, terimakasih kepada kantor Kemenkumham Provinsi Sumaera Utara yang telah memberikan waktu memukul gong sekaligus membuka acara ini. Padahal kehadiran saya saat ini hanyalah sebagai tamum sama dengan tamu yang lainnya.

“Untuk itu, sekali lagi saya mengucapkan banyak terimakasih, kiranya acara ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses,” sebutnya.

Menanggapi Terkelin Brahmana, Direktur Kerja sama dan Pemberdayaan Kekayaan Intelektual Kantor Kemenkumham Provsu Medan Daulat P Silitonga mengatakan, bahwa pihaknya sengaja memberi kesempatan memukul gong kepada Bupati Karo untuk membuka acara pembukaan Sosialisasi Promosi dan Diseminasi Kekayaan Intelektual Kantor Wilayah Kemenkumham Sumut.

“Karena dari sekian kepala daerah yang diundang untuk menghadiri acara ini, hanya Bupati Karo Terkelin Brahmana yang hadir. Jadi wajarlah kita memberi penghormatan kepada Bupati Karo atas kehadirannya untuk memukul gong membuka acara Sosialisasi Promosi dan Diseminasi Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia Republik Indonesia,” ujar Daulat P Silitonga.

“Yang penting tidak menyalahi, mengurangi nilai dan makna acara yang digelar. Sebab acara ini bertujuan mendorong pelaku usaha mendapat Hak Intelektual serta pentingnya pemahaman akan perlindungan Kekayaan Intelektual bagi pemerintah dan masyarakat, khususnya perlindungan ciri khas daerah,” terang Daulat

Ia berharap kegiatan tersebut dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran bagi pemerintah daerah lainnya, pelaku usaha dan stakeholder terkait untuk melindungi warisan budaya dan hasil produknya melalui pendaftaran kekayaan intelektual, melalui hak cipta dan hak kekayaan industri.

Reporter : Daniel Manik

Sumber: https://orbitdigitaldaily.com