Bupati Terkelin Brahmana didampingi Kepala BPS Yustinus Sembiring memberikan piagam penghargaan kepada Camat Mardingding Hasbel Karo Sekali. (karosatuklik.com/robert tarigan)

Kabanjahe, Karosatuklik.com – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Karo dalam penyelenggaraan sensus penduduk online (SP online) tahun 2020 di wilayah itu telah melebihi target partisipasi pencapaian. Pasalnya, BPS Pusat di Jakarta memberikan target untuk BPS Kabupaten Karo dalam memenuhi program SP online, harus menempuh rate 10 % sesuai jumlah penduduk yang tersebar di kabupaten itu.

Pelaksanaan Sensus Penduduk Online (SP online) yang dimulai dari Februari – Mei 2020 akhirnya berbuah penghargaan karena capaian response rate yang melebihi target. Semua itu tidak terlepas dari dukungan dan suport Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH sehingga SP Online di Kabupaten Karo tercapai melebihi target pusat.

Demikian dikatakan Kepala BPS Kabupaten Karo, Yustinus Sembiring, SE saat menyampaikan piagam prestasi capaian response rate yang melebihi target dalam pelaksanaan Sensus Penduduk Online (SP online) tahun 2020, Kamis (3/9/2020) di ruang kerja Bupati, Jalan Letjen Jamin Ginting Kabanjahe.

Bukan hanya kepada Pemkab Karo yang telah diterima Bupati Terkelin Brahmana, SH, MH penghargaan dari BPS Pusat dan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi atas prestasinya dengan capaian response rate yang melebihi target dalam pelaksanaan Sensus Penduduk Online (SP online), juga lima (5) camat dan satu (1) pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten Karo yang dinyatakan Kecamatan dan OPD terbaik dalam kegiatan Sensus Penduduk online Tahun 2020 juga mendapat apresiasi dan penghargaan, katanya.

Foto bersama. Karosatuklik.com robert tarigan

Kelima kecamatan itu yakni, Kecamatan Kabanjahe, Lau Baleng, Naman Teran, Tiganderket dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD), inilah yang memiliki respon tertinggi dibandingkan Kecamatan dan OPD lainnya di Kabupaten Karo. “Kita harapkan bisa menghasilkan data kependudukan, yang berkualitas demi Indonesia Maju,” ucapnya.

Presentasi dan perengkingan I sampai rangking V yakni, ranking I Kecamatan Mardingding dengan nilai 23,05 %, rangking II Kecamatan Tiganderket 22,76 %, rangking III Kecamatan Lau Baleng 17,79 %, rangking IV Kecamatan Naman Teran 17,40 %, rangking V Kecamatan Kabanjahe 17,14 %, sementara BKD 62,17 %, ungkap Sembiring.

Sementara itu, Bupati Karo Terkelin Brahmana juga sampaikan apresiasinya atas kinerja dari BPS Kabupaten Karo, atas realisasi target sensus penduduk Online yang mencapai 57.034 orang dengan persentasi sebesar 13,35 % dari target 10%.

“Terimakasih, telah melakukan sensus penduduk yang dilakukan secara online dan telah mendata sebanyak 13,35 % dari total jumlah penduduk Kabupaten Karo mencakup 14.806 kepala keluarga atau 12,88 % dari total kepala keluarga di Kabupaten Karo,” urainya.

Melihat hal ini, sambung Terkelin Brahmana, kedepan BKD dalam menempatkan ASN dalam suatu jabatan, maupun kejenjang karier lebih tinggi, agar award (penghargaan) jadikan salah satu parameter dan tolak ukur.

“Saat ada seleksi dan penilaian promosi, mutasi, rotasi bahkan kejenjang demosi, maka Tim Penilai Kinerja (TPK) ASN, sudah ada syarat tambahan dalam melakukan penilaian bobot kinerjanya,” imbuhnya.

Selanjutnya pemberian piagam penghargaan oleh Bupati Terkelin Brahmana didampingi Kepala BPS Yustinus Sembiring kepada Kepala BKD Tomi Maruli Tua Sidabutar, Camat Mardingding Hasbel Karo Sekali, Camat Tiganderket Syukur Brahmana, Camat Lau Baleng Asmona Peranginangin, Camat Naman Teran, Dwi Kora Sitepu, Camat Kabanjahe, Leo Bastian Girsang. Acara pemberian penghargaan yang dilakukan secara sederhana itu juga dilakukan sesuai protokol kesehatan. (R1)

Sumber: https://karosatuklik.com