KPU Karo mengawali kegiatan pencocokan dan penelitian (coklit) serentak kepada Bupati Terkelin Brahmana di rumah dinasnya, Jalan Veteran Kabanjahe. (andalas/robert tarigan)

Kabanjahe-andalas Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karo mengawali kegiatan pencocokan dan penelitian (coklit) serentak pada Sabtu (18/7/2020) pagi kepada Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH di rumah dinasnya, Jalan Veteran Kabanjahe. Saat melakukan coklit di Rumah Dinas Bupati, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) setempat didampingi KPUD Karo dan Bawaslu.

Turut hadir Komisioner KPU Provinsi Sumatera Utara, Batara Manurung SPd, Ketua KPUD Karo, Gemar Tarigan ST, Ketua Bawaslu Eva Juliani Br Pandia SH, Kakesbang Kabupaten Karo, Drs Tetap Ginting dan Lurah Gung Leto, Alexander Ginting.

Petugas yang melakukan coklit mengenakan pakaian APD, masker dan face shield atau pelindung muka. Proses coklit berjalan cukup singkat. Setelah selesai melakukan coklit, petugas menempelkan stiker tanda sudah dilakukan coklit di rumah dinas orang nomor satu di kabupaten itu.

Bupati Terkelin Brahmana berharap seluruh warga Kabupaten Karo yang telah memiliki hak pilih tidak ada yang ketinggalan dilakukan coklit. Bupati juga berharap agar masyarakat menggunakan hak pilihnya dengan sebaik-baiknya.

Terkelin Brahmana tidak lupa menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada KPU dan PPDP atas pelaksanaan coklit tersebut. "Semoga dengan coklit ini data pemilih Kabupaten Karo benar-benar akurat dan pilkada berjalan lancar sesuai aturan dengan tingkat partisipasi pemilih yang baik pula," kata bupati.

Ketua KPUD Karo, Gemar Tarigan didampingi Ketua Bawaslu Eva Juliani Br Pandia, menambahkan coklit tujuannya, untuk akurasi data calon pemilih. Sistemnya, PPDP akan mengunjungi secara door to door ke rumah-rumah warga dan mengecek data lewat kartu keluarga dan KTP.

Di samping itu, masyarakat perlu mengetahui, bahwa dia dapat melihat data dirinya apakah sudah terdaftar menjadi pemilih atau belum lewat GKS (Gerakan Klik Serentak). “Aplikasi ini dapat menjadi alat bantu pengecekan data pemilih oleh masyarakat secara mandiri dengan masuk mengakses secara online pada laman https://www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id,” ajak Gemar Tarigan.

Sementara Lurah Gung Leto, Alexander Ginting menambahkan, kita harapkan agar warga Kelurahan Gung Leto Kecamatan Kabanjahe dapat menerima petugas dengan baik sebagai salah satu upaya Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) "Pastikan Anda Terdaftar,"sebutnya. (RTA)

Sumber: http://harianandalas.com